Mahasiswa Fakultas Teknik UNM Terapkan Inovasi Sumur Resapan di Jeneponto

Tiga Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil membuat inovasi baru melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Inovasi ini yaitu dengan membuat sumur resapan di Kecamatan Bangkala  Kabupaten Jeneponto. Ketiga mahasiswa tersebut yaitu Ayu Purnam sebagai  ketua kelompok, Abdul Wahid Muhsin dan Fahmi Nur Muhammad sebagai anggota.

Ayu Purnama selaku ketua kelompok mengatakan, masyarakat di Kecamatan Bangkala masih kesulitan untuk mendapatkan air bersih.  Butuh perjalanan  yang cukup jauh untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, mahasiswa FT ini membuat inovasi  sumur resapan untuk mengatasi masalah tersebut.

“Masyarakat Bangkala masih sulit mendapatkan air bersih yang layak karena air tanah di daerahnya masih mengandung kadar garam yang tinggi. Sehingga mereka mengambil air bersih ditempat yang cukup jauh,” katanya saat memaparkan inovasi PKM mereka yang lulus didanai oleh Dikti.

Lanjut, ia menambahkan, sumur resapan ini bertujuan untuk menampung air bersih di daerah tersebut sehingga masyarakat bisa mendapatkan air bersih dengan mudah.“Masyarakat pada umumnya mendapatkan air dengan cara diangkut dari tempat yang cukup jauh. Padahal ada cara yang lebih efektif  yaitu menampung air hujan menggunakan sumur resapan,” tambahnya.

Mahasiswa angkatan 2015 ini berharap masyarakat bisa melihat langsung serta menerapkan sumur resapan ini di rumah mereka masing-masing. Sehingga kehidupan mereka lebih sejahtera dengan adanya sumber air berrsih.

“Masyarakat Bangkala menerapkan sumur resapan di rumah mereka masing-masing agar tidak ada lagi yang kesulitan air bersih untuk keperluan sehari-hari,” harapnya.

*Kegiatan dilaksanakan di jeneponto pada 7 Mei 2017