Dekan Fakultas Teknik Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan

Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Dr. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng. dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang ilmu pendidikan kejuruan.

Acara pengukuhan pada Sidang Senat Luar biasa yang dipimpin oleh Prof. Husain Syam selaku Rektor UNM dilaksanakan di Ballroom Phinisi UNM pada Pukul 10.00 Wita.

Prof. Muhammad Yahya dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia”, menyampaikan bahwa Industri 4.0 tidak hanya berpengaruh pada dunia kerja, namun juga memberi pengaruh positif berupa efektivitas dan efisiensi sumber daya dan biaya produksi.

“Industri 4.0 banyak membawa perubahan dalam kehidupan, industri secara fundamental telah mengubah cara beraktivitas manusia dan memberikan pengaruh yang  besar terhadap dunia kerja. Pengaruh positif 4.0 berupa efektifitas dan efisiensi sumberdaya dan biaya produksi.”

Lebih lanjut, Dekan Fakultas  Teknik mengungkapkan di era industri 4.0 harus mampu membekali lulusan dengan tiga literasi yakni literasi digital, literasi teknologi, literasi teknologi, dan literasi manusia.

Sementara Prof. Husain Syam mengungkapkan rasa bangga terhadap pencapaian yang telah diraih, sebagaimana penelitian yang diangkat sejalan dengan kebijakan Menristek Dikti yang mendorong semua perguruan tinggi melakukan revolusi industri.