Tiga Mahasiswa FT UNM Ciptakan Inovasi Baru Smart Assistant Lengan Robot Penghapus Papan Tulis (Whiteboard)

Sebagai rangkaian Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi, Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, Membuat sebuah Prototipe Inovasi baru alat Penghapus Papan Tulis Sensor Suara, sebagai upaya mempermudah penghapusan papan tulis.

Papan tulis merupakan salah satu sarana yang masih banyak digunakan dalam proses pembelajaran di indonesia. Hal ini karena sebagian besar metode pendidikan belum sepenuhnya tersentuh teknologi digital terkhusus daerah-daerah terpencil. Dimana proses belajar-mengajarnya masih menggunakan cara konvensional yaitu dari guru memberikan pelajaran kepada murid melalui pengetahuan yang ditulis lewat papan tulis. Namun,dalam menghapus tulisan-tulisan yang ada dipapan tulis membutuhkan waktu terlebih lagi menguras tenaga, selain itu menghapus papan tulis merupakan aktivitas yang tidak disukai oleh para siswa karena harus dilakukan berulang-ulang.

Ketiga Mahasiswa yang berasal dari dua disiplin ilmu yaitu Putri (Pendidikan Vokasional Mekatronika), Muhammad Irfandi (Pendidikan Vokasional Mekatronika) dan Abdullah (Pendidikan Teknik Elektro), dibawah bimbingan Dr.Edy Sabara,M.Si.

Prinsip kerja alat ini adalah, ketika kita memerintahkan kepada papan tulis untuk hapus, maka alat secara otomatis akan menghapus tulisan pada papan tulis ini dikarenakan adanya sistem sensor suara yang kita gunakan yaitu voice recognation yang telah kita program pada arduino, dengan Motor Stepper Sebagai penggerak alat tersebut.

Tim berharap, alat ini dapat diproduksi secara massal kepada lembaga pendidikan yang menggunakan papan tulis sebagai media pembelajarannya agar lebih memudahkan mereka dalam menghapus tulisan- tulisan yang ada pada papan tulis.