Inspiratif 4 Mahasiswa UNM ini berhasil tingkatkan pengetahuan huruf Hijaiah anak Panti Asuhan.

Setelah 3 bulan lamanya berkegiatan di Panti Asuhan Reski Amaliah, Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang merupakan Tim Hijnafi, yakni salah satu Tim yang lolos Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi  (KEMENRISTEK-DIKTI) berhasil tingkatkan pengetahuan huruf hijaiah anak-anak di Panti Asuhan Reski Amaliah.

 

Tim yang dibimbing oleh Dr. Mustari Lamada, MT Dan beranggotakan Humairah, Muhammad Akhsan Alimuddin, Aswin Asrianto dan Risman ini jauh sebelumnya memang telah mempersiapkan dengan matang penerapan program mereka.

 

Antusias anak-anak Panti Asuhan Reski Amaliah pun dari awal terlaksanakannya program ini sangat tinggi, terlebih pada saat jalannya program ini bertepatan pula dengan bulan Ramadhan lalu.

Salah satu anak Panti Asuhan Reski Amaliah yang bernama Muh Albi sangat bersyukur dengan kehadiran Tim Hijnafi di Panti tempat ia tinggal, “saya sangat senang kehadiran kakak-kakak Hijnafi selama 3 bulan di Panti, karena kakak kakak sudah membantu saya dan teman-teman saya belajar huruf hijaiah sehingga nanti lebih gampang untuk membaca Al-Qur’an, apalagi belajarnya tidak membosankan”. tuturnya.

 

Pada program ini anak-anak Panti Asuhan Reski Amaliah belajar huruf Hijaiah menggunakan Aplikasi Hijnafi yang didukung dengan beberapa aktifitas lain, seperti bermain Boardgame, Kuis hingga mendengarkan kisah nabi yang tentunya tidak lepas dari tujuan terlaksanakannya program ini. Dalam program ini keberhasilan anak-anak Panti Asuhan diukur dengan melihat 3 aspek yakni, penguasaan penyebutan huruf, pengetahuan tempat keluarnya huruf, serta bagaimana analogi dari bentuk huruf. Ketiga aspek tersebut yang dinilai dari melihat pre-test dan post test terjadi peningkatan yang sangat memuaskan.

Ditemui kemarin saat mengajar rutin di panti Asuhan Reski Amaliah (15/6) Ibu Ernawati, salah satu guru di Panti Asuhan Reski Amaliah pun turut bersyukur dengan kehadiran Tim Hijnafi, beliau mengatakan “Kehadiran adek-adek dari Tim Hijnafi UNM sangat membantu kami disini untuk mengajar anak-anak asuh kami belajar mengaji, apalagi kami melihat anak-anak sangat menyukai proses belajar mengajar yang dilakukan adek-adek Tim Hijnafi.

 

Sejalan dengan hal tersebut, Ibu Syamsiah Dg. Nurang, selaku Pembina Panti Asuhan Reski Amaliah mengatakan “saya bersyukur dengan kehadiran adek-adek Hijnafi dari UNM karena sudah beri suasana baru anak-anak kami untuk belajar mengaji, saya juga berharap kedepannya adek adek Hijnafi dapat tetap mengisi kegiatan anak anak disini untuk belajar mengaji.

 

Selanjutnya pada 25 Juni 2019 mendatang Tim Hijnafi akan mengikuti tahap Monitoring dan Evaluasi (MONEV) yang akan mendatangkan reviewer dari Jakarta untuk mengevaluasi keberhasilan Pelaksanaan PKM, salah satunya Tim Hijnafi. Hal inipun disambut semangat oleh Humairah, selaku Ketua Tim Hijnafi, “Alhamdulillah, kami sudah berusaha semaksimal mungkin dengan doa, usaha, dan semua pihak-pihak yang telah membantu selama ini,  maka kami harap saat monev nantinya kami bisa memperlihatkan kualitas program yang telah kami jalannya ini”, ungkapnya.

 

credit by ptik.ftunm.ac.id