Upaya Optimalisasi Proses Pengajuan Belanja Modal melalui Google Form

Subbagian Umum, Kepegawaian, dan BMN bekerja sama dengan Subbagian Keuangan dan Akuntansi Fakultas Teknik UNM telah membuat formulir online untuk pengajuan belanja modal dengan menggunakan Google Form yang dapat diakses pada link berikut: http://bit.ly/BelanjaModalFTUNM. Belanja modal yang dimaksud sesuai dengan definisi dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (http://www.djpk.kemenkeu.go.id/), bahwa “belanja modal adalah pengeluaran anggaran untuk perolehan aset tetap dan aset lainnya yang memberi manfaat lebih dari satu periode akuntansi. Belanja modal meliputi antara lain belanja modal untuk perolehan tanah, gedung dan bangunan, peralatan, aset tak berwujud.

Melalui Google Form ini, setiap pengelola jurusan, program studi, dan laboratorium serta pegawai di Fakultas Teknik UNM dapat mengajukan usulan belanja modalnya dari mana saja dan kapan saja. Untuk informasi lebih lanjut mengenai data yang perlu dipersiapkan serta tata cara pengisian Google Form dapat disimak pada infografis diatas.

Pengajuan belanja modal untuk Tahun Anggaran 2021 masih dibuka sampai tanggal 26 November 2020. Setiap pengelola jurusan, program studi, laboratorium, dan pegawai dalam lingkup Fakultas Teknik UNM berhak untuk mengajukan belanja modal dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja demi mewujudkan visi dan misi Fakultas Teknik UNM. Belanja Modal di Fakultas Teknik UNM dikategorikan berdasarkan jenisnya, yaitu belanja modal alat/mesin, meubelair, dan gedung/bangunan. Selain itu, belanja modal juga dikelompokkan berdasarkan peruntukannya, yaitu sebagai pendukung pembelajaran atau pendukung perkantoran.

Google Form ini  dapat dimanfaatkan guna mengoptimalisasi proses pengajuan belanja modal di lingkungan Fakultas Teknik UNM. Selain itu juga dapat memutakhirkan rekap data belanja modal yang masuk ke Subbagian Umum, Kepegawaian, dan BMN di Fakultas Teknik UNM.