18 Prodi di Fakultas Teknik UNM Jalin Kerjasama dengan SEAMOLEC

Sebanyak 18 Program studi yang ada dalam lingkup Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) menjalin kerjasama dengan SEAMEO Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC). Kerjasama tersebut ditandai dengan Penyerahan MOU UNM – SEAMOLEC dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) kedua bela pihak.

SEAMEO SEAMOLEC adalah sebuah institusi yang bernaung dibawah Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se Asia Tenggara yang bertanggung jawab untuk mengembangkan pendidikan terbuka dan pendidikan jarak jauh di Asia Tenggara.

Kerjasama ini merupakan pertama kalinya dilakukan secara kelembagaan dengan melibatkan 110 Prodi debgan lembaga Internasional dari 5 program yang dilakuan SEAMOLEC, UNM memilih fokus pada program yang ketiga yakni peningkatan pendampingan dan pengembangan pembelajaran daring.

Direktur SEAMOLEC, R. Alpha Amirrachman, M.Phil., Ph. D., mengungkapkan kerja sama ini merupakan bagian dari pemdampingan kepada lembaga-lembaga pendidikan mengembangkan Pendidikan Terbuka dan Pendidikan Jarak Jauh di Asia Tenggara. berdasarkan analisis dan prediksi setelah pandemi pola-pola PJJ dalam beberapa aspek akan terus dilakukan karena mampu memberi efesiensi dan efektifitas dalam kegiatan akademik.

“Kami bermitra dengan berbagai lembaga pendidikan untuk membantu pendampingan, mungkin sebelum pandemi pendidikan jarak jauh (PJJ) itu terlihat belum terlalu urgent tapi setelah pandemi ini kita tidak punya pilihan untuk mengembangkannya, berdasarkan analisis dan prediksi setelah pandemi itu pola-pola PJJ dalam derajat tertentu akan terus dilakukan, karena dari sisi efektif dan efisiensinya membantu roda berjalaanya kegiatan akademik dan organisasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UNM Prof. Husain Syam, mengapresiasi hal tersebut. Menurutnya, kerjasama ini akan terus didorong dan tidak lanjuti “Saya tentu mengapresiasi karena kita semua telah melakukan langkah yang sangat baik, saya kira kerjasama ini hal yang selalu kita dorong dan tindak lanjuti sehingga ini bukan sekadar ber-MoU saja tapi kita bisa memberi manfaat dari kerjasama ini”.