Rektor UNM membuka Bakti Sosial Mahasiswa Fakultas Teknik UNM dan Expo OSIS SMK

Polman, 14 November 2022. Universitas Negeri Makassar melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) dan Expo SMK di Sulbar. Baksos ini akan digelar hingga tanggal 24 November 2022 di empat lokasi secara bersamaan.

Rektor, Ketua Senat, Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, dan Ketua Lembaga hadir dalam acara pembukaan sebagai bentuk komitmen UNM, memberi dukungan dan semangat bagi peserta Baksos.

Dekan FT UNM, Prof. Dr. Ir. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng., IPU., ASEAN Eng. sebagai penanggungjawab melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi MOU UNM dan SMK di Sulbar. Lokasi pelaksanaan Baksos ini yaitu Polewali, Wonomulyo, Mappili, dan Tinambung.

Kegiatan ini melibatkan 78 orang mahasiswa danĀ  27 dosen pembimbing dari seluruh Program Studi yang ada di Fakultas Teknik UNM serta OSIS SMK di Sulbar. Selanjutnya, memberikan Layanan/Pelatihan secara gratis antara lain: 1. Service sepeda motor dan mobil, 2. Service mesin katinting, mesin kapal, dan traktor, 3. Pengelasan Listrik, 4. Penyuluhan instalasi listrik dan service AC, 5. Konsultasi desain rumah, 6. Pelatihan pengoperasian alat ukur tanah, 7. Pelatihan pembuatan pupuk organik, pembuatan pakan ternak fermentasi, pembuatan sabun cuci piring, pengolahan lahan pertanian, 8. Penerimaan dan pemberian layanan servis HP, TV, komputer dan peralatan elektronik, 9. Pelatihan make up sehari-hari, merias pengantin, perawatan wajah, 10. Pelatihan aneka roti dan kue.

Suardi Lemo mewakili tuan rumah Fadli Anwar, menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Bapak Rektor UNM dan civitas akademika yang berkenan memilih lokasi kami dalam pelaksanaan Baksos UNM tahun 2022. Harapan kami Prof. Husain Syam (PHS) terus memberi perhatian ke Sulbar dalam pengabdian beliau selanjutnya menjadi pemimpin Sulbar.

Dalam sambutannya Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng. mengungkapkan bahwa Baksos ini merupakan implementasi dari Tridarma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat. Ilmu yang didapatkan mahasiswa di bangku kuliah diaplikasikan secara langsung di Masyarakat.

Kegiatan ini perdana dilaksanakan di Sulbar, hal ini menjadi komitmen saya sebagai Rektor UNM dan konstribusi nyata sebagai putra daerah untuk meningkatkan kualitas SDM di Sulbar. Selanjutnya, diharapkan akan berdampak dalam akselerasi pembangunan daerah di Sulbar.

Baksos ini diharapkan terjadi proses transfer pengetahuan dan keterampilan mahasiswa bersama dosen pembimbing kepada masyarakat di lokasi Baksos dan sekitarnya untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan.

Semoga Kegiatan ini diharapkan berlanjut pada tahun mendatang untuk melanjutkan sinergi antara perguruan tinggi, SMK, dan masyarakat dalam peningkatan kualitas SDM di Sulbar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.