Kuliah Tamu : Dinamika Manajemen Konstruksi Pada Proyek Infrastruktur di masa Pasca Covid-19

Kepala LPPM Universitas Mpu Tantular Jakarta, Dr.(Cand) Drs. Ir. Edison Manurung MM., M.T., M.H., IICD. CST menyatakan di tengah merebaknya pandemi Covid-19, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tetap berkomitmen menyelesaikan pembangunan infrastruktur dalam rangka menjaga keberlanjutan kegiatan ekonomi.

Hal itu diungkapkan Edison yang bertindak sebagai dosen tamu dalam kegiatan Kuliah Tamu di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, Kamis (22/10).

Lebih lanjut Edison menjelaskan perlu adanya percepatan penyiapan dan pembangunan infrastruktur dalam rangka penanganan Covid-19, sebagaimana tercantum dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 04/2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Secara garis besar, skema protokol pencegahan Covid-19 dalam penyelenggaraan jasa konstruksi dalam Instruksi Menteri mengatur beberapa hal sebagai berikut Pembentukan Satuan Tugas
(Satgas) Pencegahan Covid-19,  Identifikasi Potensi Bahaya Covid-19 di lapangan, Penyediaan Fasilitas
Kesehatan di lapangan,  dan Pelaksanaan Pencegahan Covid-19 di lapangan,” terang Edison.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. H. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng., Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik, Dr. H. Ruslan, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Amiruddin, S.T., M.T. dan Wakil Dekan Kerjasama dan Pengembangan, Drs. Faisal, M.Si., M.Inf.Tech., Ph.D.

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah sekitar 200 orang terdiri dari berbagai jurusan/prodi yang berada dalam lingkup Fakultas Teknik dan Dr. Ir. Ahmad Rifqi Asrib, M.T. bertindak sebagai moderator. (isn)