Bawakan orasi ilmiah, Menristek/Kepala BRIN-RI motivasi lulusan FT UNM siap bersaing di era industri 4.0

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN)-RI Bambang Brodjonegoro menghadiri wisuda lulusan periode April tahun akademik 2020-2021 Universitas Negeri Makassar sekaligus membawakan orasi ilmiah, di Ballroom Teater lantai 3 Menara Pinisi UNM, Sabtu 10 April 2021.

Wisuda pada sesi ini yang dihadiri oleh wisudawan dari Faktultas Teknik, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Ekonomi. Dalam orasinya, Menristek mengatakan lulusan yang wisuda pada hari ini, 24 tahun mendatang bertepatan dengan HUT-RI ke 100 yang masih dikategorikan sebagai usia produktif atau golden age mampu memberikan kontribusi kepada bangsa dengan melakukan strategi imitasi atau meniru berbagai teknologi dan inovasi yang dihasilkan oleh negara maju. Sehingga Indonesia bisa sejajar dengan negara maju lainnya yang memiliki SDM berdaya saing dan sebagai negara yang berpenghasilan tinggi.

“Ekosistem dan budaya inovasi di perguruan tinggi sangat kompetitif, sehingga lulusan Fakultas Teknik bisa langsung menerapkan inovasi, lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas EKonomi bisa menciptakan susana inovasi”. Imbuh mantan kepala BAPPENAS RI ini.

Secara umum, kemajuan suatu negara dapat dilakukan dengan menggencarkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasi. Oleh karena itu, Indonesia dianggap butuh menerapkan strategi From Imitation to Innovation jika ingin maju.

Hanya saja, lanjut dia, setelah meniru kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi negara maju, Indonesia harus terus berkembang dan belajar sehingga tidak berhenti di tahap itu saja.

“Kita tidak boleh menjadi peniru atau mengimitasi terus menerus tapi harus berubah menjadi inovator,” ujarnya.

Rektor UNM, Prof Husain Syam dalam pidatonya menyampaikan apresiasi atas kesediaan Bapak Menristek di acara wisuda kali ini. “Alumni kita yang wisuda hari ini siap untuk diterima di dunia kerja karena telah dibekali dengan ilmu dan keterampilan yang mumpuni”. Selain itu, mantan dekan Fakultas Teknik 2 periode ini menyebutkan bahwa UNM adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang memiliki kualitas SDM yang berdaya saing. Dibuktikan dengan UNM menempati urutan ke 2 dengan jumlah guru besar terbanyak diantara perguruan tinggi LPTK se Indonesia. Selain itu, UNM juga sementara menyiapkan menuju PTN-BH.

Di periode wisuda kali ini dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut dari tanggal 9-10 April 2021 di Ballroom Teater Menara Pinisi UNM dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.