Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Raih Akreditasi Unggul Pertama di UNM

Hasil tak akan mengkhianati usaha, kata bijak ini sepatutnya ditujukan pada semua pihak yang telah mengantarkan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) meraih akreditasi unggul pertama di UNM dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
Kerja keras dari tim penyusun borang dan support yang luar biasa dari Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., dan Dekan Fakultas Teknik UNM, Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng., IPU., menjadi kunci kesuksesan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan meraih akreditasi unggul yang ditetapkan BAN-PT dengan nomor SK: 2989/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2021.
“Kami sangat mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja keras dalam pencapaian akreditasi unggul ini, dan berharap program studi lain dapat mengikuti jejak PTB meraih akreditasi unggul” ujar Muhammad Yahya.
Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian, Raeny Tenriola Idrus, S.T., M.Si., mengatakan bahwa dalam penyusunan Borang dengan 9 kriteria perubahan pola pikir seluruh pihak terkait harus berubah agar dalam penyusunan borang dapat berjalan lancar dan dipahami oleh seluruh pihak.
Asesmen lapangan dilakukan secara daring pada awal Ramadhan, 12-13 April 2021, dihadiri semua stakeholder diantaranya mahasiswa, alumni, orang tua mahasisiwa, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
Hasil akreditasi Unggul membuktikan bahwa program Program Pendidikan Teknik Bangunan pada Program Sarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar sudah memenuhi 9 kriteria yang menjadi penilaian BAN-PT meliputi visi, misi, tujuan dan sasaran, tata pamong, tata kelola dan kerjasama, mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan, sarana, dan prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan luaran dan capaian tridharma.