Dosen Fakultas Teknik UNM Laksanakan Pengabdian Masyarakat dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek bagi guru sekolah dasar

Dosen Universitas Negeri Makassar, Ir. Muhammad Riska, S.Pd. M.Pd.,  Dr. Andi Imran, M.T.  dan Elfira Makmur, S.Pd., M.Pd. melakukan Pengabdian Pada Masyarakat (PKM) dengan mencoba meningkatkan kapasitas guru dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek bagi guru sekolah dasar di Kabupaten Jeneponto.

Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model yang dapat digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Selain itu juga saat ini pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu cara mencapai profil pelajar pancasila yang tertuang dalam kurikulum merdeka saat ini. 

Pembelajaran berbasis proyek.

Menurut Muh.Riska mampu membantu siswa untuk memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekitar mereka dengan cara pemecahan masalah yang sistematis yang akan menemukan solusi dalam bentuk produk pembelajaran. 

“Hasilnya guru mampu merancang pembelajaran berbasis proyek, mereka merancang dengan menggunakan tabel GRASPS (Goal, Role, Audiens, Situation, Produktif, Standart) sebagai langkah untuk acuan untuk menerapkan dalam kegiatan pembelajaran,” katanya.

Muh. Riska mengatakan target dari pengabdian kemitraan masyarakat tersebut adalah guru sekolah dasar di Jeneponto dapat merancang pembelajaran berbasis proyek. 

“Harapannya tidak hanya sampai pada perancang tetapi juga sampai pada penerapan di kelas,” ucap Muh. Riska.

Senada yang diungkapkan Imran,  kegiatan ini diharapkan mampu membantu guru untuk menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk mendukung penerapan kurikulum merdeka.

“Pertemuan ini tidak hanya sampai dalam pertemuan ini tetapi juga guru dapat berkonsultasi dan didampingi dalam penerapan dikelas,” ujarnya.

Rasihun Peserta sekaligus ketua KKG Gugus 3 Bangkala,  Kabupaten Jeneponto mengatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk guru-guru, kalau bisa ada kegiatan lanjutan dan pendampingan untuk guru-guru di Jeneponto,”Tutup Rasihun. (aca)

Leave a Reply

Your email address will not be published.