FT UNM Luncurkan Program Studi S1 Mekatronika dan Teknik Komputer

Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka dua program studi (prodi) di tahun 2018 ini, yaitu Program Studi Mekatronika (S1) dan Teknik Komputer (S1). Calon mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 dapat memilih program studi baru tersebut melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri 2018.

Mekatronika merupakan bidang ilmu yang mempelajari basic mechanic, basic electronic, dan basic computer dan atau konsep di bidang sistem mekatronika berbasis kendali PLC, microcontroller, dan komputer.

Lebih lanjut tujuan dari Program studi mekatronika menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pendidikan kejuruan dan pelatihan di bidang sistem mekatronika yaitu integritas sensor, actuator, controller, dan mechanic interface meliputi kemampuan merangkai, menguji, mengembangkan, memelihara, dan merancang dengan akumulasi keilmuan dalam bidang elektronika, informatika, dan mesin. Menjadi perancang pelatihan (konsultan) bidang keahlian sistem mekatronika yaitu sinergis antara sensor, actuator, controller, dan mechanic interface meliputi kemampuan merangkai, menguji, mengembangkan, memelihara, dan merancang. Serta menjadi teknisi industry dalam bidang keahlian mekatronika yang sinergis antara sensor, actuator, controller, dan mechanic interface yang meliputi kemampuan merangkai, menguji, mengembangkan, memelihara, dan merancang.

Gambar 1. Program Studi S1 Teknik Komputer

Sementara Program studi S1 Teknik komputer diharapkan meghasilkan lulusan yang mampu menjadi Perekayasa sistem komputer (Computer System Engineer), Perekayasa Jaringan Komputer (Computer Network Engineer), Perekayasa Sistem Komputer Mikro dan Sistem Digital, Manajemen Sistem Komputer (Computer System Management), IT Support, Mobile Teknologi dan Embedded System,IT Enterpreneur dan Programmer.