Tim PKK ORMAWA LDF RM FT UNM Menggelar Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Rumput Laut Untuk Meningkatkan Komuditas, Produktifitas Dan Ekonomi

Masyarakat Desa Laikang

Sabtu 23 September 2023. Tim PKK Ormawa Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Raudhatul Mujaddid (RM) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT-UNM) melaksanakan pelatihan diversifikasi produk olahan rumput laut yang menjadi salah satu kegiatan inti dari Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PKK Ormawa) LDF RM FT-UNM Tahun 2023.

Pelatihan dilaksanakan di Dusun Boddia, Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar (Lokasi Utama Mitra PPK Ormawa LDF RM FT-UNM). Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh kelompok ibu rumah tangga, nelayan dan petani rumput laut yang menjadi sasaran dari program PPK Ormawa LDF RM FT UNM. Pelatihan diversifikasi produk olahan rumput laut dengan olahan seperti pembuatan kerupuk rumput laut, mie berbahan dasar rumput laut, bakso rumput laut dan dodol rumput laut dipandu langsung oleh mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (HIMA PKK FT-UNM).

Pelatihan diawali dengan sambutan Ketua PPK Ormawa LDF RM-FT UNM, Muhammad Taufiq Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Angkatan 2019. Menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah salah satu kegiatan inti PPK Ormawa LDF RM-FT UNM yang menjadi solusi permasalahan masyarakat Desa Laikang dalam hal pengolahan produk pasca panen rumput laut, proses diversifikasi produk ini diharapkan dapat memberikan pengetahun dan keterampilan kepada masyarakat terkhusus petani rumput laut dalam meningkatkan nilai komuditas rumput laut Desa Laikang, sehingga diharapkan setiap kelompok petani rumput laut dapat menghasilkan produk wirausaha rumput laut untuk menunjang perekonomian dan pendapatan rumah tangga petani rumput laut.

Setelah pembukaan kegiatan, maka dilakukanlah proses penjelasan dan pelatihan proses pengolahan rumput laut menjadi produk kerupuk rumput laut, mie rumput laut, bakso rumput laut dan dodol rumput laut yang dipandu dan dilatih oleh mahasiswa pendidikan kesejahteraan keluarga dari HIMA PKK FT-UNM. Wulan (Ketua umum HIMA PKK FT-UNM) yang merupakan salah satu pemandu dalam pelatihan menjelaskan bahwa “pelibatan HIMA PKK FT-UNM dalam kegiatan ini merupakan suatu kesyukuran baginya karena dapat mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari dikampus yang kemudian dilatihkan ke masyarakat Desa Laikang khususnya petani rumput laut dan kegiatan ini juga dapat menjadi pelajaran dan penngalaman bagi HIMA PKK FT-UNM untuk melakukan pemberdayaan masyarakat pada kegiatan selanjutnya”.

Dalam pelatihan ini masyarakat juga antusias dan sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh Tim PPK Ormawa LDF RM FT-UNM dan HIMA PKK FT-UNM karena memberikan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman baru bagi masyarakat karena yang dulunya masyarakat belum pernah melakukan pengolahan rumput laut setelah kegiatan ini masyarakat telah mengetahui ternyata rumput laut dapat diolah menjadi produk-produk yang bermanfaat bagi keluarga dan dapat dijadikan hidangan khas pada acara-acara keluarga ataupun kegiatan lainnya dan sangat berpotensi dijadikan produk wirausaha wanita nelayan desa Laikang. Dg Situju mengungkapkan bahwa kegiatan ini telah memberikan pengetahuan kepada petani rumput laut untuk melakukan pengolahan rumput laut menjadi produk yang dapat dimanfaatkan menjadi produk wirausaha dan produk hidangan khas Desa Laikang, selain itu masyarakat juga memimta untuk selanjutnya dilakukan pelatihan tentang tata cara pengemasan produk hasil diversifikasi sehingga dapat menjadi produk wirausaha yang dapat menambah pendapatan petani rumput laut Desa Laikang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *