Dosen Fakultas Teknik UNM Bersama Wahda Water Sukses Meluncurkan Public Smart Dispenser Melalui Program KEDAIREKA

Makassar, 2 Oktober 2023 – Dalam sebuah pencapaian gemilang, Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) telah berhasil meluncurkan Public Smart Dispenser yang revolusioner melalui program KEDAIREKA. Pada tanggal 2 Oktober 2023, Fakultas Teknik UNM memamerkan prestasi luar biasa ini dalam upaya meningkatkan akses air minum bersih dan ramah lingkungan untuk masyarakat luas.

Program KEDAIREKA, yang bertujuan untuk merangsang inovasi di kalangan dosen dan peneliti di UNM, menghasilkan terobosan menakjubkan ini. Dosen Fakultas Teknik UNM, yang telah bekerja keras selama berbulan-bulan, berhasil menciptakan Public Smart Dispenser (PSD) yang mampu memecahkan berbagai tantangan seputar akses air minum yang terjangkau dan berkelanjutan.

PSD yang dirancang oleh dosen-dosen berbakat yang diketuai oleh Dr. Eng. Ir. Jumadi M.Parenreng,S.ST.,M.Kom.,IPM ini, menghadirkan solusi yang beragam dan terjangkau untuk konsumen, dengan harga mulai dari Rp200 per 200 ml hingga Rp1.500 per 1.500 ml, sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun, yang menjadikan inovasi ini lebih istimewa adalah fitur wakaf air yang memungkinkan bantuan air minum berkualitas untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Pada peluncuran PSD ini, termasuk pimpinan universitas, fakultas, dan jurusan, serta mitra industri, dan komunitas akademik sangat terkesan oleh keberhasilan dosen Fakultas Teknik UNM dalam menghadirkan solusi inovatif ini. Prestasi ini bukan hanya menjadi kebanggaan universitas, tetapi juga menjadi inspirasi bagi komunitas penelitian dan pendidikan di seluruh Indonesia.

Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik UNM, Prof. Dr. Drs. Ir. Jamaluddin, M.P., IPM., yang mewakili Dekan FT UNM, menegaskan bahwa pencapaian Public Smart Dispenser melalui program KEDAIREKA adalah manifestasi kompetensi luar biasa para dosen di Fakultas Teknik khususnya tim dosen peneliti. Beliau juga menekankan pentingnya implementasi dan pemanfaatan maksimal PSD ini pada masyarakat untuk mendapatkan manfaat sejati. Selain itu, Rektor, Dekan, dan seluruh jajaran pimpinan universitas sangat peduli terhadap penelitian semacam ini karena dapat secara positif memengaruhi Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas.

Dengan meluncurkan Public Smart Dispenser melalui program KEDAIREKA, dosen-dosen Fakultas Teknik UNM telah membuktikan bahwa kolaborasi antara akademisi dan industri dapat menghasilkan dampak positif yang signifikan dalam memecahkan masalah nyata masyarakat. Inovasi ini diharapkan akan menjadi model bagi upaya-upaya serupa di masa depan, dan mendukung visi bersama untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *